Minggu, 23 Januari 2011

Mojarra


Apakah mojarra itu ?
Disebut dengan JSF RI.(Reference Implementation)

Apa itu Reference Implementation?
Silakan baca apache open letter faq <http://www.apache.org/jcp/sunopenletterfaq.html>,disitu dijelasin tentang JCP, TCK, RI, expert group, dll.

Sementara mungkin anda tertarik dengan apache open letter <http://www.apache.org/jcp/sunopenletter.html>
yang dikeluarkan oleh apache foundation, salah satu JCP member, mojarra adalah project implementasi (Reference Implementation) yang dibuat ketika sebuah spesifikasi yang telah di buat dan di approve di JCP.

Karena teknologi di bawah JCP adalah sebuah "standard", setiap orang, organisasi, atau perusahaan, berhak membuat implementasi sendiri dari standard yang telah dibuat, dan mengacu kepada dokumen spesifikasi yang telah dibuat <http://jcp.org/en/jsr/overview> (yang biasa disebut JSR).

Reference Implementation (RI) atau Technology Compability Kit (TCK), dibuat berdasarkan dokumen spesifikasi (JSR) dengan tujuan memastikan agar teknologi yang dibuat memang relevan dan applicable, dan akan menjadi acuan ketika pihak lain akan membuat implementasi pada spesifikasi yang sama.

Berbicara tentang JSF dan mojarra, JSF adalah sebuah spesifikasi yang dipublish berdasarkan standar:
1. JSF <http://jcp.org/en/jsr/detail?id=127>
2. JSF 1.2 <http://jcp.org/en/jsr/summary?id=252>

Sedangkan mojarra <http://javaserverfaces.java.net/download.html> merupakan RI-nya. Selain mojarra, apache membuat implementasi sendiri yang bernama apache myfaces <http://myfaces.apache.org/> . Disisi lain, komunitas java membuat framework untuk mempermudah dan memperkaya tampilan atau proses pembuatan web menggunakan JSF. Maka lahirlah Open Faces, Rich Faces dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar